PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE KNOW-WANT-LEARN (KWL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA SWASTA NURUL IMAN TJ. MORAWA T.P. 2015/2016

Pane, Khoirul Ikhsan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE KNOW-WANT-LEARN (KWL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA SWASTA NURUL IMAN TJ. MORAWA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4121121016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4121121016 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4121121016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4121121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4121121016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4121121016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4121121016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4121121016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4121121016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4121121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4121121016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4121121016 TABLES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4121121016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4121121016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4121121016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4121121016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4121121016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4121121016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4121121016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4121121016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4121121016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4121121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan metode Know-Want-Learn (KWL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X semester II pada materi pokok listrik dinamis di SMA Swasta Nurul Iman Tj. Morawa T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tj. Morawa T.P. 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 20,61 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 19,23. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 0,543 < 1,999, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode Know-Want-Learn (KWL) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 66,29 dan kelas kontrol 55,20. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 2,36 > 1,999. Dengan demikian, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dengan metode Know-Want-Learn (KWL) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok listrik dinamis kelas X semester II di SMA Swasta Nurul Iman Tj. Morawa T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 101
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Know-Want-Learn; Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 09:42
Last Modified: 12 Aug 2016 09:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9803

Actions (login required)

View Item
View Item