Pane, Khoirul Ikhsan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE KNOW-WANT-LEARN (KWL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA SWASTA NURUL IMAN TJ. MORAWA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121121016 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4121121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
3. NIM 4121121016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4. NIM 4121121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM 4121121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM 4121121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM 4121121016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM 4121121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 4121121016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
13. NIM 4121121016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 4121121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan metode Know-Want-Learn (KWL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X semester II pada materi pokok listrik dinamis di SMA Swasta Nurul Iman Tj. Morawa T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tj. Morawa T.P. 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 20,61 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 19,23. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 0,543 < 1,999, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode Know-Want-Learn (KWL) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 66,29 dan kelas kontrol 55,20. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 2,36 > 1,999. Dengan demikian, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dengan metode Know-Want-Learn (KWL) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok listrik dinamis kelas X semester II di SMA Swasta Nurul Iman Tj. Morawa T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 101 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Know-Want-Learn; Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 09:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9803 |