Panjaitan, Eka Inomiaty (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121013 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 4123121013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM 4123121013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM 4123121013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM 4123121013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM 4123121013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM 4123121013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
8. NIM 4123121013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 4123121013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
13. NIM 4123121013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Siantar Narumonda yang terdiri dari delapan kelas paralel. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X8 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan cara Class Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t).
Data penelitian menunjukkan skor rata-rata pretes kelas eksperimen 34,57 dengan standar deviasi 10,74 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretes sebesar 33,86 dengan standar deviasi 10,78 sedangkan skor rata-rata postes kelas eksperimen 64,43 dengan standar deviasi 9,98 dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata postest sebesar 58,57, dengan standar deviasi 12,98. Kedua kelas berdistribusi normal dan varians kedua kelas homogen. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan aktivitas pada setiap pertemuan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t ,diperoleh thitung = 2,032, artinya bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P 2015/2016 yang sejalan dengan meningkatnya aktivitas pada setiap pertemuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 058 |
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar: Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 09:22 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9797 |