PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PELAJARAN FISIKA

Winanda, Yuna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123321057 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123321057 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123321057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123321057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123321057 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123321057 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123321057 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123321057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123321057  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123321057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123321057  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123321057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123321057  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123321057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123321057  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123321057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123321057  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123321057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123321057 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123321057 BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123321057 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123321057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada materi Fluida Dinamis di kelas XI Semester II di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Negeri 1 Kualuh Hulu yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI-2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 38 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essai, jumlah soal 7 item yang telah divalidkan oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil signifikan bahwa keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 083
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Training, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:43
Last Modified: 12 Aug 2016 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9775

Actions (login required)

View Item
View Item