Winanda, Yuna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123321057 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 4123321057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 4123321057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4123321057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 4123321057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 4123321057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 4123321057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 4123321057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4123321057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 4123321057 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 4123321057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional pada materi Fluida Dinamis di kelas XI Semester II di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMA Negeri 1 Kualuh Hulu yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI-2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 38 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essai, jumlah soal 7 item yang telah divalidkan oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil signifikan bahwa keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 083 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Training, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 03:43 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9775 |