EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SCIENTIFIC INQUIRY SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2015/2016

Rosalina, Methary (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SCIENTIFIC INQUIRY SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123121037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123121037 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123121037 APPROVAL SHEET .pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123121037 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123121037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123121037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123121037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123121037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123121037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123121037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123121037 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123121037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123121037 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123121037 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123121037 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123121037 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123121037 CHAPTER I .pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123121037 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123121037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123121037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123121037 REFERENCES .pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123121037 REFERENCES .pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan scientific inquiry siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu tes pemahaman konsep berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 23 soal dan tes scientific inquiry berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal, yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengamati sikap dan scientific inquiry siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata penilaian sikap dan scientific inquiry siswa masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata penilaian sikap dan scientific inquiry siswa dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan scientific inquiry di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016 dengan kata lain model ini efektif digunakan untuk pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 025
Keywords: model 5E berbasis inkuiri; pemahaman konsep; scientific inquiry; sikap
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:39
Last Modified: 11 Aug 2016 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9754

Actions (login required)

View Item
View Item