Rosalina, Methary (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SCIENTIFIC INQUIRY SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121037 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 4123121037 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 4123121037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4123121037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM. 4123121037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 4123121037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 4123121037 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
8. NIM. 4123121037 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 4123121037 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
13. NIM. 4123121037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 4123121037 REFERENCES .pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan scientific inquiry siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari lima kelas yaitu kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan ada dua yaitu tes pemahaman konsep berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 23 soal dan tes scientific inquiry berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal, yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengamati sikap dan scientific inquiry siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata penilaian sikap dan scientific inquiry siswa masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata penilaian sikap dan scientific inquiry siswa dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran 5E berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep dan scientific inquiry di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016 dengan kata lain model ini efektif digunakan untuk pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 025 |
Keywords: | model 5E berbasis inkuiri; pemahaman konsep; scientific inquiry; sikap |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 08:39 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9754 |