PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PANGURURAN T.P. 2015/2016

Samosir, Hotdi Dorpalda (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PANGURURAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123121025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123121025 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123121025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123121025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123121025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123121025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123121025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123121025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123121025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123121025 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123121025 TABLE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123121025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123121025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123121025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123121025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123121025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123121025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123121025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pangururan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling denganmengambil dua kelas dari sembilan kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34orang. Instrumen yang digunakan beupa tes hasil belajar dalam aspek pengetahuan berbentuk essai yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan memecahkan masalah. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 20,96 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 19,34. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 63,31 sedangkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 46,91. Rata-rata nilai N-gain keterampilan memecahkan masalah di kelas eksperimen untuk setiap pertemuan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Pangururan T.P2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 029
Keywords: Model Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Keterampilan;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:16
Last Modified: 11 Aug 2016 07:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9752

Actions (login required)

View Item
View Item