Samosir, Hotdi Dorpalda (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PANGURURAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121025 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 4123121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM. 4123121025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 4123121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM. 4123121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 4123121025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 4123121025 TABLE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 4123121025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
9. NIM. 4123121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. NIM. 4123121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM. 4123121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pangururan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling denganmengambil dua kelas dari sembilan kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34orang. Instrumen yang digunakan beupa tes hasil belajar dalam aspek pengetahuan berbentuk essai yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur keterampilan memecahkan masalah. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 20,96 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 19,34. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 63,31 sedangkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 46,91. Rata-rata nilai N-gain keterampilan memecahkan masalah di kelas eksperimen untuk setiap pertemuan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Pangururan T.P2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 029 |
Keywords: | Model Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Keterampilan; |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 07:16 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9752 |