Fadilah, Rizki (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS VII SEMESTER II MTSN PANYABUNGAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4123121062 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4123121062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM 4123121062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4123121062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 4123121062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4123121062 TABLES.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7. NIM 4123121062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM 4123121062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM 4123121062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
13. NIM 4123121062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 4123121062 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Lesson terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas VII MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Lesson, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas VII A-1 sebanyak 30 siswa dan VII A-2 sebanyak 30 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test essay sebanyak 10 soal, sikap dan keterampilan siswa.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Lesson diperoleh rata-rata Pre-test 37,5 dan nilai rata-rata Post-test 74,83. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 36,8 dan rata-rata Post-test 69,07. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji hiotesis thitung > ttabel (0,39 < 2). Sehingga diperoleh ada pengaruh signifikan yang lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan siswa yang dibelajarkan dengan model Inquiry Lesson dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Pada penilaian sikap ilmiah siswa terhadap proses belajar terdapat peningkatan yang lebih baik pada siswa yang dibelajarkan dengan model Inquiy Lesson. Sedangkan pada penilaian keterampilan proses sains siswa terhadap proses belajar terdapat peningkatan yang lebih baik pada siswa yang dibelajarkan dengan model Inquiy Lesson.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 103 |
Keywords: | Pembelajaran Inquiry Lesson; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 04:43 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9746 |