Lumbantoruan, Derlin (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM .4123121010 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4123121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 4123121010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 4123121010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 4123121010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. NIM. 4123121010 TABLE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 4123121010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4123121010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 4123121010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NM. 4123121010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM. 4123121010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-2 sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe GI dan kelas X-6 sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,13 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 36,75. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas Eksperimen sebesar 70,75 sedangkan kelas Kontrol diperoleh nilai rata-rata postes siswa 54,88. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,852 > 1,667 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima, yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 093 |
Keywords: | Kooperatif tipe GI, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 03:58 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9735 |