PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA T.P.2015/2016

Silaen, Euodia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA T.P.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  4123121016  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123121016 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123121016 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123121016 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123121016 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123121016 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123121016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123121016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123121016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123121016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123121016 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123121016 TABLES.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123121016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123121016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123121016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123121016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123121016 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123121016 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123121016 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123121016 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123121016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X Semester II di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan Kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji Hipotesis menggunakan Uji t.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 21,73 dengan standar deviasi 7,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 21,2 dengan standar deviasi 6,35. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I sebesar 56,11%, pertemuan II sebesar 71,38% dan pertemuan III sebesar 80,55%. Diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 70,86 dengan standar deviasi 8,29 dan kelas kontrol sebesar 63,06 dengan standar deviasi 7,71. Dari uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3,775 dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel (3,775 > 1,671) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Silima Punggapungga T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 046
Keywords: Model Inkuiri; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:01
Last Modified: 11 Aug 2016 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9725

Actions (login required)

View Item
View Item