Silaen, Euodia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA T.P.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121016 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM 4123121016 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM 4123121016 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 4123121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 4123121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 4123121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. NIM 4123121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
8. NIM 4123121016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 4123121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM 4123121016 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
14. NIM 4123121016 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
15. NIM 4123121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X Semester II di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan Kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Uji Hipotesis menggunakan Uji t.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 21,73 dengan standar deviasi 7,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 21,2 dengan standar deviasi 6,35. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I sebesar 56,11%, pertemuan II sebesar 71,38% dan pertemuan III sebesar 80,55%. Diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 70,86 dengan standar deviasi 8,29 dan kelas kontrol sebesar 63,06 dengan standar deviasi 7,71. Dari uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3,775 dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel (3,775 > 1,671) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Silima Punggapungga T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 046 |
Keywords: | Model Inkuiri; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 03:01 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9725 |