Depary, Suasana and Mukthar (2013) MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 93-107. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (805kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (215kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan: (1) perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model PAKEM dan ekspositori, (2) perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit dan sekuensial abstrak, (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar fisika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuala. Teknik penarikan sampel dengan cluster random sampling. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model PAKEM lebih tinggi daripada ekspositori; (2) hasil belajar fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit lebih tinggi daripada sekuensial abstrak; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar fisika. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan hasil belajar fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit lebih tinggi bila diajar dengan model PAKEM, sedangkan hasil belajar fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi bila diajar dengan ekspositori.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran PAKEM dan Ekspositori; Gaya Berpikir; Hasil Belajar Fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 03:10 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/972 |