Nofianti, Rita (2016) PERAN POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN KEMANIDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI PAUD KARYA BAKTI KELURAHAN INDRAKASIH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182036_COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 8146182036_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 8146182036_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 8146182036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 8146182036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 8146182036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8146182036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8146182036_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8146182036_BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 8146182036_BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14. NIM. 8146182036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orangtua dalam meningkatkan kemandirian belajar anak-anak usia dini. Metode Penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan di PAUD Karya Bakti, yang orangtuanya masih tinggal disekitar sekolah PAUD Karya bakti tersebut, dengan subjek penelitian sebanyak 10 orangtua yang anaknya bersekolah di lembaga PAUD Karya Bakti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, dengan lembar observasi dan pedoman wawancara untuk memperoleh data mengenai pola asuh orangtua dan kemandirian belajar anak-anak usia dini. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang dimiliki setiap orangtua berhubungan dengan kemandirian anak tersebut. Jenis pola asuh demokratis akan mengakibatkan anak yang mandiri, pola asuh otoriter mengakibatkan anak yang mandiri, sementar pola asuh permisif dan penelantaran mengakibatkan anak yang tidak mandiri, hasil ini didapat setelah melakukan pengamatan dan wawancara kepada orangtua mengenai pola aush yang mereka berikan kepada anak ketika dirumah, dan akan terlihat hasilnya ketika di sekolah bahkan sampai pulang dari sekolah (di rumah). Dengan demikian dari 10 orangtua dengan 10 anak yang bersekolah di lembaga PAUD Karya Bakti ada 5 anak yang dikatakan mandiri dan lima anak belum mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.218 Nof p |
Keywords: | Pola asuh orangtua; Kemandirian belajar; Perkembangan anak; Pendidikan anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 04:46 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9701 |