Sitorus, Nurhalimah (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASHPADA MATERI PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWAMELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS Cover.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
9. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. 4121131015 NURHALIMAH SITORUS DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media macromedia flash pada materi pembelajaran sistem koloid terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa melalui pendekatan scientific. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara purposif yakni satu kelas merupakan kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Sampel siswa diambil sebanyak 36 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan pada tabel krejci dengan α=0,05. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri insrumen tes dan nontes. Instrumen tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan instrumen nontes digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam bentuk observasi oleh observer. Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis pertama dan kedua dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen I sebesar 82,78 dengan dan nilai rata-rata di kelas eksperimen II yaitu 76,11. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 4,417 dan untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung = 3,284 sedangkan ttabel = 1,669 untuk α = 0.05 dan dk = 70. Dengan demikian thitung > 1,669 maka uji hipotesis hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media Macromedia flash melalui pendekatan scientific pada materi sistem koloid. Uji hipotesis ketiga dengan menggunakan uji korelasi dan diperoleh Fhitung = 0,753 ttabel = 0,329 untuk untuk α = 0,05 dan N = 36. Dengan demikian Fhitung > ttabel, maka Ha diterima yakni ada korelasi antara aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan macromedia flash melalui pendekatan scientific pada materi sistem koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 053 |
Keywords: | Macromedia Flash; Scientific; Aktivitas; Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 03:58 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9694 |