Herman (2015) PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311102 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
NIM. 6103311102 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
3. NIM. 6103311102 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 6103311102 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM. 6103311102 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 6103311102 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 6103311102 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 6103311102 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 6103311102 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. NIM. 6103311102 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Mengajar Komando Dan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015, waktu penelitian adalah pada tanggal 16 Februari s/d 23 Februari 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 160 orang. Sampel dalam penelitian ini SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015 peneliti menetapkan sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan kelas yang akan dijadikan sampel dilakukan menggunakan Purposive Sampling. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembaran portofolio. Hasil penelitian pre-test dengan pos-test untuk variable pembelajaran Passing Atas Komando diperoleh nilaithitung= 8,88 dan nilaittable = 1,68 (dk=n-1=39) pada taraf signifikanα = 0,05. Diperoleh thitung>ttabel (8,88 > 1,68).Nilai persentase hasil belajar passing atas gaya mengajar resiprokal dari 40 siswa terdapat 7 siswa (17,5%) yang belum mencapai peningkatan belajar, sedangkan 33 siswa (82,5%) telah mencapai peningkatan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 8,03. dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan : Gaya megajar komando berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing atas bola voli Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015, dapat diterima kebenarannya Untuk data nilaiUji t-bedauntuk data pre-test dengan pos-test untuk variable pembelajaran Passing Atas Kelompok Resiprokal diperoleh nilai thitung>ttabel(12,15 > 1,68). Nilai persentase hasil belajar passing atas gaya mengajar resiprokal dari 40 siswa terdapat 2 siswa (5%) yang belum mencapai peningkatan belajar, sedangkan 38 siswa (95%) telah mencapai peningkatan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 8,78. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan: Gaya mengajar resiprokal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar passing bawah Bola Voli Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015, dapat diterima kebenarannya.Untuk uji hipotesis ketiga data pre-test dengan post-test masing-masing kelompok komando dan kelompok resiprokal diperoleh nilai t = 2,33 selanjutnya dengan harga tersebut dibanding dengan harga ttabel dengan dk (n1+n2-2(40+40-2)=78, pada taraf signifikan α=0,05 adalah 1,66 dengan demikian thitung > ttabel (2,33 > 1,66). Dengan perbandingan nilai persentase 95% > 82,5%. Dan perbandingan rata-rata 8,78 > 8,03. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan : “gaya mengajar resiprokal lebih baik pengaruhnya dibandingkan dengan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015” dapat diterima kebenarannya.Berdasarkan nilai rata-rata kedua kelompok diperoleh hasil bahwa hasil belajar passing atas bola voli menggunakan gaya mengajar resiprokal lebih baik dari gaya mengajar komando di SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 Her p |
Keywords: | Pembelajaran Jasmani; Gaya Mengajar; Komando; Resiprokal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9654 |