Siregar, Nanda Aulia (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MELALUI PENERAPAN METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS VII SMP JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103111070 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6103111070 PERSETUJUAN&PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
6103111070 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6103111070 Abstrak.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6103111070 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6103111070 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6103111070 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6103111070 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6103111070 BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
6103111070 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6103111070 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui penerapan metode bagian pada siswa kelas VII SMP Josua Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Josua Medan yang berjumlah 21 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran tolak peluru melalui penerapan metode bagian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar tolak peluru diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian berupa portofolio dengan hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya : dengan diberikan penerapan metode bagian maka diperoleh tes hasil belajar pada siklus I sebanyak 10 orang siswa yaitu 47,61% telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 11 orang siswa yaitu 52,39% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 66,47 (tidak tuntas). Namun pada siklus I belum dapat memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal seperti yang diharapkan yaitu 85%. Maka dilakukanlah tes hasil belajar siklus II dengan memperoleh data sebanyak 18 orang siswa yaitu 85,71% yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 orang lainnya masih belum tuntas dengan nilai sebesar 14,29% dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 75,33 (tuntas). Dengan kata lain terdapat peningkatan klasikal siklus I 47,61% menjadi 85,71% pada siklus II, jumlah peningkatan kalsikal dari siklus I ke tahap siklus II sebesar 38,1%.Berdasarkan hasil data analisis dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode bagian dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VII SMP Josua Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.435 071 2 Sir u |
Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Pendidikan Jasmani; Atletik; Pembelajaran Tolak Peluru; Metode Bagian |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9649 |