Kurnia, Ade (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311004 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6103311004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6103311004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6103311004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6103311004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6103311004 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6103311004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6103311004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
6103311004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6103311004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada siswa SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2014/2015, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 yang berjumlah 34 orang.Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik tolak peluru gaya menyamping. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri Perbaungan. Dari 34 siswa terdapat 7 siswa (20,58%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 62,87. Hasil dari siklus I terdapat 22 siswa (64,70%) dari 34 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 70,22. Disiklus II terdapat 27 siswa (79,41%) dari 34 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 80,96. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.435 071 2 Kur u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Tolak Peluru Gaya Menyamping; Model Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1195 Wrestling |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9646 |