Harahap, Muhammad Syaiful Ramadhan (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
610112063 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
610112063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
610112063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
610112063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
610112063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
610112063 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
610112063 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
610112063 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
610112063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
610112063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
610112063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Lokasi Penelitian berada di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Waktu penelitan ini dilaksanakan pada bulan Januari tahun ajaran 2014/2015. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu kelas VIII-3 yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 17 putri dan 17 putra. Berdasarkan hasil belajar siswa adanya peningkatan proses hasil belajar passing dalam permainan sepakbola “melalui variasi pembelajaran” pada tes awal,ada banyak siswa yang kurang menguasai cara melakukan Passing pada permainan sepak bola,ternyata hanya 6 siswa (17,64%) yang sudah memiliki ketuntasan, sedangkan 28 (82,36%) belum memiliki ketuntasan belajar.pada siklus I, setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik passing dalam permainan sepakbola masih rendah. Dari 34 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 19 orang siswa (55,88%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 15 orang siswa (44,12%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 68.Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Ternyata dari 34 orang siswa, terdapat 30 orang siswa yang tuntas (88,23%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (11,77%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 77. Dan kenaikan rata – rata pada siklus II dan I adalah (77% – 68% = 9 %) Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepakbola pada siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Har u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Passing; Variasi Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9645 |