Nainggolan, Jhon Harrys (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311121 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6103311121 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
6103311121 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6103311121 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6103311121 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6103311121 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6103311121 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6103311121 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6103311121 BAB I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
6103311121 BAB V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6103311121 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing Bawah pada permainan bola voli melalui model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2014 2015Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik Passing Bawah dalam permainan bola voli sebanyak dua kali pertemuanSetelah data terkumpul akan dilakukan analisis 1 Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual Pre test diperoleh 8 orang siswa 24 24 yang telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 25 orang siswa 75 75 belum mencapai ketuntasan belajar Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual 2 Dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual di siklus I diperoleh 21 orang siswa 63 63 yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa 36 36 belum mencapai tingkat ketuntasan belajar Dengan nilai rata rata hasil belajar siswa adalah 70 45 Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual yang berbeda 3 Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 29 orang siswa 87 87 yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 4 orang siswa 12 12 belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata rata hasil belajar siswa adalah 75 75 Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5 3 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 24 24 Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola Voli pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2014-2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 nai u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasi belajar; Permainan bola voli; Passing bawah bola voli; Model pembelajaran; Penerapan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9635 |