Manik, Pakda Mandiri (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SALAK KAB. PAKPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112078 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6101112078 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6101112078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6101112078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6101112078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6101112078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6101112078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6101112078 .Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6101112078 BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
6101112078 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6101112078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis atas pada permainan bola voli dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Salak Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik servis atas dalam permainan bola voli sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan penerapan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (Pre test) diperoleh 6 orang siswa (20%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 24 orang siswa (80%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual, di siklus I diperoleh 16 orang siswa (53,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa ( 46,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,61. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual yang berbeda. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 26 orang siswa ( 86,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,83. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 17,22 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 33,34%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual dapat meningkatkan hasil belajar servis atas pada permainan bola Voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Salak Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 Man u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Servis Atas Bola Voli; Model Pembelajaran SAVI |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9633 |