Dasopang, Budi Ardiansyah (2015) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DUMBBLE PRESS DAN LATIHAN FORWARD RAISE DENGAN DUMBBLE TERHADAP HASIL SMASH BOLA VOLI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 KOTAPINANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103321024 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
6103321024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
6103321024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6103321024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6103321024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
6103321024 TABLES.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6103321024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6103321024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
6103321024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
6103321024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan dumbble press terhadap hasil smash bola voli, untuk mengetahui pengaruh latihan forward Raise dengan dumbble terhadap hasil smash bola voli, dan untuk mengetahui latihan manakah yang lebih berpengaruh antara latihan dumbble press dan latihan forward raise dengan dumbble terhadap hasil smash bola voli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Sebelum memulai perlakuan latihan terlebih dahulu diambil data pre-test smash bola voli, kemudian dilakukan post-test pada minggu ke 5 (lima). Populasi adalah seluruh atlet bola voli SMA Negeri 1 Kotapinang berjumlah 15 orang. Jumlah sampel 14 orang diperoleh dengan teknik purposive random sampling. selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik Matching By Pairing yaitu kelompok latihan dumbble press dan latihan forward raise dengan dumbble. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dengan test dan pengukuran adalah Smash Bola Voli untuk mengukur kemampuan hasil smash bola voli dan stopwatch untuk mengukur hasil smash, penelitian dilaksanakan selama 20 x pertemuan dengan latihan 4 (empat) kali dalam seminggu. Untuk melihat pengaruh masing-masing variabel bebas maupun terikat digunakan perhitungan uji – t berpasangan dan uji – t tidak berpasangan. Hasil penelitian dari data pre-test dan data post- test hasil smash bola voli kelompok latihan dumbble press diperoleh t hitung sebesar 3,19 serta t tabel 2,45 dengan = 0,05 (t hitung > t tabel ) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kesimpulan, latihan dumbble press berpengaruh terhadap hasil smash bola voli pada Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Kotapinang Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil penelitian dari data pre-test dan data post-test kelompok latihan forward raise dengan dumbble diperoleh t hitung sebesar 4,75 serta t tabel sebesar 2,45 dengan = 0,05 (t hitung > t tabel ) berarti Ho ditolak dari Ha diterima. Jadi, latihan forward raise dengan dumbble secara signifikan berpengaruh terhadap hasil smash bola voli pada Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Kotapinang Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil penelitian dari rata-rata dan simpangan baku diperoleh t hitung sebesar 0,13 serta t tabel 2,18 dengan = 0,05 (t hitung < t tabel ) berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, latihan dumbble press tidak lebih besar pengaruhnya daripada latihan forward raise dengan dumbble terhadap hasil smash bola voli pada Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Kotapinang Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 Das p |
Keywords: | Bola Voli; Kemampuan Smash Bola Voli; Latihan; Dumbble Press; Forward Raise Dengan Dumbble |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9616 |