Lipzen Simalango (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
609112044 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
609112044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
609112044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
609112044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
609112044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
609112044 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
609112044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
609112044 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
609112044 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
609112044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
609112044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui penggunaan media pada siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014, waktu penelitian pada bulan Agustus 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 orang dan terdiri dari 16 orang siswa putra dan 16 orang siswa putri. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media seperti: media kardus, media bak pasir, bola yang digantung, lompat tali. Jenis dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar portofolio penilaian hasil belajar lompat jauh.Hasil penelitian dari 32 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (25%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 24 orang siswa (75%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 55,62 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 32 orang siswa telah ada 20 orang siswa (62,5%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 12 orang siswa (37,5%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 64,84 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 32 orang siswa telah ada 28 orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (12,5%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 71,56 (Tuntas).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas x SMA Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432.071 2 Sim u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Lompat Jauh; Media |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9554 |