Ramadhan, Rudi (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG PURA KEC. TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
609112064 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
609112064 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
609112064 -KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
609112064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
609112064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
609112064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
609112064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
609112064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
609112064 BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
609112064 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
609112064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli dengan menggunakan variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Pura Kec. Tanjung Pura Tahun Ajaran 2014/2015 Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan data awal yang di peroleh dari guru penjas dan post test siklus I dan siklus II dengan instrument penelitian yang berbentuk portofolio berupa penilaian suatu proses rangkaian gerak passing bawah bola voli. Setelah pembelajaran passing bawah bola voli menggunakan variasi pembelajaran diadakan tes hasil belajar di akhir siklus I dan akhir siklus II yang berbentuk melakukan passing bawah bola voli. Hasil pembelajaran passing bawah bola voli di lihat dari ketuntasan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari data awal sebelum menggunakan penerapan variasi pembelajaran diperoleh 13 orang siswa (40,6%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 19 orang siswa (59,4%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan variasi pembelajaran. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan variasi pembelajaran, di siklus I diperoleh 20 orang siswa (62,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa ( 37,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,12. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan variasi pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 26 orang siswa ( 81,2%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 orang siswa (18,8%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,31. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 3,19 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 18,7%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dalam permainan bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Pura Kec. Tanjung Pura Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 22 Ram u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Permainan Bola Kaki; Lapangan Bola Voli; Sikap Lengan; Mengemis (Thumb Over Palm Method); Sikap Persiapan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9549 |