Sihotang, Alfirin Suryanto (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJARLOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA RINTANGANLOMPAT TALI BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PARLILITAN TAHUN AJARAN2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311020 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6103311020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
6103311020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6103311020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6103311020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6103311020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
6103311020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
6103311020 BAB I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6103311020 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6103311020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi seberapa besarpeningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yang didapat oleh siswa kelasVIII SMP Negeri 3 Parlilitan Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 31 siswa yang akan diberikan tindakanberupa pembelajaran dengan media rintangan lompat tali terhadap hasil belajarlompat jauh. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelas (PTK).Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasildilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Untukmemperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yangdinilai berdasarkan portofolio yang telah disediakan. Setelah pengulangan denganmedia rintangan lompat tali digunakan maka diadakan tes siklus I dan siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada data observasi hanya ada 16siswa yang memperoleh nilai tuntas atau 51,61 %, sedangkan 15 siswa lagi atau48,38% tidak tuntas. Pada tes siklus I terdapat 19 siswa yang mamapumemeperoleh nilai tuntas atau 61,29% sedangkan 12 siswa lagi atau 38,70% tidaktuntas. Pada tes siklus II terdapat 27 siswa atau 87,09% yang mampu memperolehnilai tuntas sedangkan 4 siswa lagi atau 12,90% tidak tuntas. Dapat dilihat bahwahasil belajar siswa dimulai dari data observasi, siklus I hingga siklus II telahterjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas dan memenuhi kriteria ketuntasanklasikal. Berdasarkan analisis data diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwamelalui pengulangan dengan media rintangan lompat tali dapat meningkatkanhasil belajar lompat jauh gaya jongkok bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 3Parlilitan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 2 Sit p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Lapangan Lompat; Gaya Jongkok; Sikap dan Gerak |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9546 |