Batubara, Ilham Anwar (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI (SELF CHECK STYLE) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN KAB.MADINA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112044 cover.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
6101112044 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
6101112044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6101112044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6101112044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6101112044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6101112044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6101112044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6101112044 BAB I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6101112044 BAB V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6101112044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis atas bola voli melalui penerapan gaya mengajar periksa diri (self check style) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan kab. Madina tahun ajaran 2014/2015.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panyabungan kab.Madina tahun ajaran 2014/2015, waktu penelitian dilaksanakn pada bulan agustus tahun 2014 selama 2 minggu. Yang menjasi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 panyabungan Kab.Madina tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 40 siswa. Metide dalam penelitian ini adalah menggunakan PTK (Penelitian Tindakan kelas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar periksa diri (self check style) dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli. Hal ini dapat dilihat dari 40 orang siswa hanya 15 orang siswa (37.5%) yang tuntas dalam belajar, sedangkan 25 orang siswa (62.5%) belum tuntas dalam belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh dalam tes awal ini mencapai 56.84. Pada tes siklus I dari 40 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian, ternyata telah ada 20 siswa (50%) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (50%) masih belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I ini mencapai 62.06. Dan pada pelaksanaan tes siklus II nilai rata-rata siswa pada siklus II dari 40 orang siswa. Siswa yang memiliki ketuntasan belajar adalah 36 orang siswa (90%). Sedangkan 4 orang siswa (10%) belum memiliki ketuntasan belajar. Jadi dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar periksa diri (self check style) dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli.nilai rata-rata tes awal 37.5% pada tes siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada pelaksanaan tes siklus II persentase ketuntasan belaja siswa telah mencapai 90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 Bat U |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Gaya Mengajar; Gaya Mengajar; Periksa Diri; Servis |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9511 |