Siagian, Wahyu Syahputra (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 UJUNG PADANG 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311235 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6103311235 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
6103311235 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6103311235 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
6103311235 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6103311235 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
6103311235 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6103311235 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6103311235 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
6103311235 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6103311235 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar dribbling sepak bola melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII-IPA 2 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang yang akan diberikan tindakan melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap proses belajar dribbling sepak bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 14 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (41,17%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 20 orang siswa (58,83%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 66,17. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 26 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (76,47%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 8 orang (23,53%) masih belum tuntas. Namun belum memenuhi kreteria ketuntasan secara klasikal yaitu 80% (Aqib Jainal : 2010).Dengan nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 75,97%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan metode pembelajran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar dribbling pada siswa-siswi kelas XII-IPA 2 SMA Negeri 1 Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Sia u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Dribbling Bola; Teknik Menggiring; Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9497 |