Sinaga, Iwan Nopriandi (2015) PERBAIKAN PEMBELAJARAN MELALUI GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING DALAM UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR MENGONTROL BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS XI SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN GALANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311112 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
6103311112 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
6103311112 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6103311112 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6103311112 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6103311112 TABLES.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6103311112 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6103311112 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
6103311112 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6103311112 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6103311112 APPNDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar mengontrol bola dalam permainan sepak bola melalui penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing pada siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa 20 orang, yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran mengontrol bola melalui penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar mengontrol bola dengan kaki bagian dalam. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 8 orang siswa (40%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (60%) belum mencapai tingkat ketuntsan belajar. (2) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 18 orang siswa (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 2 orang siswa (10%) masih belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing dapat memberikan perbaikan terhadap proses hasil belajar mengontrol bola pada siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 9 Sin p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Mengontrol Bola; Gaya Mengajar; Penemuan Terbimbing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9491 |