Simarmata, Adi (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 030290 PUNGUAN NAULI KABUPATEN DAIRI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 6103311007 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
NIM. 6103311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
NIM. 6103311007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM. 6103311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
NIM. 6103311007 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
NIM. 6103311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM. 6103311007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM. 6103311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
NIM. 6103311007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
NIM. 6103311007 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
NIM. 6103311007 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lompat jauh Gaya Jongkok melalui penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2014/2015,waktu penelitian pada bulan Desember 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2014/2015yang berjumlah 32 orang dan terdiri dari 14 orang siswa putra dan 18 orang siswa putri. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah variasi pembelajaran seperti: permainan lari satu arah, lompat kardus, berlari sambil menyundul bola, dan melompati gelang-gelang. Jenis dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar portofolio penilaian hasil belajar lompat Jauh Gaya Jongkok.Hasil penelitian dari 32 orang siswa yang menjadi subjek dalam tes awal penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (25%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 24 orang siswa (75%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 55,62 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 32 orang siswa telah ada 20 orang siswa (62,5%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 12 orang siswa (37,5%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 64,84 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 32 orang siswa telah ada 28 orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (12,5%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 77,34 (Tuntas).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan variasi dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 Sim u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Atletik; Lompat jauh; Gaya jongkok |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9477 |