UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI MODIFIKASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2014/2015

Lubis, Irhamsyah Putra (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI MODIFIKASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 6101112046 COVER.pdf]
Preview
Text
6101112046 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
6101112046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046 PREFACE.pdf]
Preview
Text
6101112046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
6101112046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6101112046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046 TABLES.pdf]
Preview
Text
6101112046 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046  TABLE OF VIEW.pdf]
Preview
Text
6101112046 TABLE OF VIEW.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
6101112046 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
6101112046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6101112046 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
6101112046 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui modifikasi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Swasta Abdi Sukma Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum melalui modifikasi pembelajaran lalu dilakukan pembelajaran melalui modifikasi pembelajaran Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes tolak peluru yang sebenarnya. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: dari tes hasil belajar sebelum menggunakan modifikasi pembelajaran data awal diperoleh 10 siswa (31,25%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa (68,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 61,53%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan ban yang digantung, tali yang digantung, dan kesasaran kotak yang tersedia pada siklus I. Dari tes hasil belajar siklus I tolak peluru dengan modifikasi pembelajaran pada siklus I diperoleh 17 siswa (53,12%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (46,88%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 69,71%. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran tolak peluru menggunakan modifikasi pembelajaran lebih efektif dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 28 siswa (87,50%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 81,84%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 12,13 %. Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan behwa melalui modifikasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VIII SMP Swasta Abdi Sukma Medan Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.435 071 Lub u
Keywords: Pendidikan jasmani; Media pembelajaran; Hasil belajar; Tolak peluru; Pembelajaran atletik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1195 Wrestling
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 29 Aug 2016 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item
View Item