Lubis, Irhamsyah Putra (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI MODIFIKASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112046 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6101112046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6101112046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6101112046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6101112046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6101112046 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6101112046 TABLE OF VIEW.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6101112046 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
6101112046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6101112046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru melalui modifikasi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Swasta Abdi Sukma Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum melalui modifikasi pembelajaran lalu dilakukan pembelajaran melalui modifikasi pembelajaran Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes tolak peluru yang sebenarnya. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: dari tes hasil belajar sebelum menggunakan modifikasi pembelajaran data awal diperoleh 10 siswa (31,25%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa (68,75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 61,53%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan ban yang digantung, tali yang digantung, dan kesasaran kotak yang tersedia pada siklus I. Dari tes hasil belajar siklus I tolak peluru dengan modifikasi pembelajaran pada siklus I diperoleh 17 siswa (53,12%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (46,88%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 69,71%. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran tolak peluru menggunakan modifikasi pembelajaran lebih efektif dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 28 siswa (87,50%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata 81,84%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 12,13 %. Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan behwa melalui modifikasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas VIII SMP Swasta Abdi Sukma Medan Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.435 071 Lub u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Media pembelajaran; Hasil belajar; Tolak peluru; Pembelajaran atletik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1195 Wrestling |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9467 |