Tarigan, Yanri Pratama (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR GERAKAN TANGAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112204 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
608112204 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
608112204 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
608112204 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
608112204 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
608112204 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
608112204 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
608112204 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
608112204 BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
608112204 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
608112204 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik dasar gerakan tangan renang gaya bebas dengan menggunakan papan seluncur pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013. Metode peneltian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperolah data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar Resiprokal yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar gerakan tangan renang gaya bebas sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar Resiprokal (pree test) diperoleh 9 siswa (27,58%) yang telah mencapai tigkat ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (72,42%) belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata-rata 58,33. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar Resiprokal. (2) dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar Resiprokal disklus I diperoleh 16 siswa (55,17%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (44,83%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 67,53. Kemudian dilakukan kembali gaya mengajar Resiprokal yang divariasikan dengan jarak belajar yang diperpanjang. (3) dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar Resiprokal disiklus II diperoleh 26 siswa (89,65%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata siswa adalah 78,45.Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10,92 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 44,82%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan gaya mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar gerakan tangan gaya bebas pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 797.210 712 Tar u |
Keywords: | Pembelajaran; Pendidikan Jasmani; Gaya Mengajar; Resiprokal; Renang |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9450 |