Simangunsong, Antoni (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PAPAN LUNCUR PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA CENDERAMATA MEDAN TAHUN AJARAN 2012- 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 071266110065 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
NIM. 071266110065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
NIM. 071266110065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
NIM. 071266110065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
NIM. 071266110065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
NIM. 071266110065 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
NIM. 071266110065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM. 071266110065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
NIM. 071266110065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 071266110065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar renang gaya dada melalui penggunaan alat papan luncur pada siswa kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan tahun ajaran 2012- 2013. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pendekatan yang berguna untuk mengungkapkan kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran penjas serta cara mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Untuk memudahkan penelitian ini maka diperlukan desain penelitian.Berdasarkan deskripsi hasil pre-test renang gaya dada dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran renang gaya dada masih tergolong rendah. Dari 38 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini, ternyata hanya 6 orang siswa (15,78%) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya 32 orang siswa (84,21%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai Peningkatan Hasil (PPH) rata-rata kelas memperoleh hanya mencapai 47,03. Berdasarkan dari hasil tes pada siklus I terdapat jumlah dari beberapa indikator seperti posisi tubuh berjumlah 93, gerakan lengan berjumlah 89, gerakan kaki berjumlah 97, dan pengambilan nafas berjumlah 91, dan jumlah keseluruhan dan rata-rata yaitu 370 dan 9,73 dari jumlah per indikator masih ada indikator yang lemah yaitu gerakan lengan.Terdapat 65,8 % (25 orang) yang belum mampu melakukan gerakan lengan.Dari ke 4 aspek penelitian terdapat gerakan lengan yang mempunyai rata-rata nilai 2,34%.Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 60,85 sehingga dilakukan pembelajaran siklus II.Dari Hasil data siklus II yang dapat terlihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 38 siswa terdapat 35 siswa (92,1%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan 3 siswa (7.89%) belum mencpai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 77,6.Dengan demikian dari hasil observasi diatas telah tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal.Kata Kunci : Perkembangan Siswa dalam olahrga renang gaya dada mengunakan alat pembelajaran Papan luncur Kelas VIII SMP Swasta Cenderamata Medan Meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 797.210 71 Sim u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Belajar Siswa; Renang; Renang Gaya Dada; Papan Luncur |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9448 |