Sembiring Kembaren, Edy Kurniawan (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609312028 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
609312028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
609312028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
609312028 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
609312028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
609312028 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
609312028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
609312028 CHAPER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
609312028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
609312028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
609312028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Sederhana Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pancur Batu Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII dengan jumlah sebanyak 28 siswa yang telah diberikan tindakan berupa pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar lompat jauh gaya menggantung. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 15 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (53,57%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 13 orang siswa (46,43%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 73,66. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 24 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (85,71%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (14,29%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 80,36. Berdasarkan hasil analisis data di atas, dapat dikatakan bahwa penerapan alat bantu pembelajaran sederhana dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pancur Batu Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 Sem u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Atletik; Alat Bantu Pembelajaran; Tahap Melayang di Udara |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9440 |