Saragih, Suriya Sisca (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF MELALUI MODIFIKASI SARANA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI NO. 064996 KELURAHAN TERJUN KECAMATAN MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
6114312020 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
6114312020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6114312020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
6114312020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6114312020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6114312020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6114312020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6114312020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6114312020 BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
6114312020 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6114312020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif melalui modifikasi sarana pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri 064996 Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Tahun Ajaran 2013/2014. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064996 Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Tahun Ajaran 2013/2014, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2013 selama 2 Minggu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 064996 Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 36 orang siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pembelajaran melalui modifikasi sarana pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lempar bola dalam upaya meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif siswa kelas III SD Negeri No. 064996 Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Tahun Ajaran 2013/2014. Nilai persentase ketuntasan hasil dan rata-rata hasil belajar siswa pada tes siklus I dan pada siklus II meningkat di banding tes awal, persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal 25,0 %, pada tes siklus I 44,44% dan pada siklus II mencapai 86,11%.Nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 60,42 (Tidak Tuntas), pada tes siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,75 (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan tes siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 78,01 (Tuntas).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 613.7 Sar u |
Keywords: | Pembelajaran; Pendidikan Jasmani; Gerak Dasar; Manipulatif; Sarana Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9431 |