Siagian, Dodi Rajainal (2013) GAYA MENGAJAR RESIPROKAL SISWA KELAS VII SMP SWASTA ALWASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
061266120183 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
061266120183 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
061266120183 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
061266120183 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
061266120183 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
061266120183 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
061266120183 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
061266120183 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
061266120183 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
061266120183 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar gerakan tangan renang gaya bebas dengan penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VII SMP Alwashliyah Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengetahui hasil belajar renang gaya bebas dilakukan tes hasil belajar dalam bentuk forto folio, yang dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dengan melalukan pembelajaran gerakan tangan renang gaya bebas. Maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan dilanjutkan pada siklus II yang tertuang dalam pelaksanaan gerakan tangan renang gaya bebas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putera dan puteri kelas VII SMP Alwashliyah Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif secara persentase.Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa belajar renang gaya bebas yang dilakukan pada tes awal sebesar 46,67% (7 orang tuntas dan 23 orang tidak tuntas), kemudian meningkat pada pelaksanaan di Siklus I mencapai 62,25% (16 orang tuntas dan 14 orang tidak tuntas). Kemudian pada siklus II berdasarkan hasil refleksi ternyata membawa peningkatan menjadi 70,25% (26 orang tuntas dan 4 orang tidak tuntas).Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya mengajar resiprokal dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar gerakan tangan renang gaya bebas pada siswa kelas VII SMP Alwashliyah Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 797.210 71 Sia u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Gaya Mengajar; Resiprokal; Hasil Belajar; |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9403 |