Kurnia, Agus (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311009 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
6103311009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
6103311009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6103311009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
6103311009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6103311009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6103311009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6103311009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6103311009 BAB I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
6103311009 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6103311009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Panyabungan Tahun Ajaran 2014/2015.Metode peneltian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperolah data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Langsung yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi Gerakan Meluncur, Gerakan Kaki, Gerakan Lengan dan Gerakan Pernapasan dilakukan masing-masing dalam dua materi 1 kali pertemuan dan siklus ke 2 1 kali pertemuan dalam hal ini keseluruhan ada 3 kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran Langsung (pree test) diperoleh 9 siswa (31,03%) yang telah mencapai tigkat ketuntasan belajar, sedangkan 20 (68,97%) siswa belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata-rata 58,33. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Langsung. (2) dari tes hasil belajar menggunakan Model Langsung disiklus I diperoleh 13 orang siswa (44,83%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (55,17%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 67,88.Kemudian dilakukan kembali Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) yang divariasikan dengan jarak belajar yang diperpanjang. (3) dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran langsung disiklus II diperoleh 26 orang siswa (89,65%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata siswa adalah 73,06. Sedangkan 3 orang siswa (10,35%) belum mencapai ketuntasan belajar. dengan nilai rata-rata siswa adalah 73,06.Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5,18 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 34,48%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Panyabungan Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 797.210 719 Kur u |
Keywords: | Pendidikan Jasmanai; Gaya Bebas (Crawl); Teknik Renang Gaya Bebas; Model Pembelajaran; Direct Instruction. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9395 |