Purnama, Haris (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA DI KELAS X SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 609411082 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM. 609411082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
3. NIM. 609411082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM. 609411082 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 609411082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 609411082 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 609411082 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 609411082 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 609411082 BAB I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
14. NIM. 609411082 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 609411082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar dribbling siswa dalam pelajaran olahraga dengan model pembelajaran Quantum Teaching di SMA Dharma Pancasila Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini diambil di kelas X-2 SMA Dharma Pancasila dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 17 siswa dan 13 siswi. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 63 dengan persentase kelulusan sebesar 30 %, hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan dribbling bola oleh siswa masih rendah. Kemudian dilanjutkan KBM menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, akhir KBM ke I dan KBM ke II dilakukan tes hasil belajar dribbling Siklus I didapat nilai rata-rata kelas sebesar 71,3 persentase kelulusan 70 % siswa kelas yang nilainya diatas KKM dan mengalami peningkatan pada Siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,2 dengan persentase kelulusan sebesar 86 % siswa kelas yang nilainya diatas KKM. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar dribbling siswa mengalami peningkatan dari sebelum diberi perlakuan model pembelajaran Quantum Teaching ke siklus I dan juga mengalami peningkatan pada siklus II .Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching selama KBM siswa sangat senang, dan sangat antusias. Namun demikian masih terdapat keterbatasan dalam penelitian yang dilaksanakan di Kelas X SMA Dharma Pancasila ini, yaitu materi yang di bahas dalam penelitian ini adalah dribbling, hal ini ini tidak menjamin pada materi yang lainnya akan mengalami peningkatan hasil belajar yang sama dan harus dilakukan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Pur u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Pembelajaran; Hasil Belajar; Sepak Bola; Menggiring Bola; Model Pembelajaran; Quantum Teaching |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9389 |