Nababan, Darman (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266110101 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
071266110101 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
071266110101 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
071266110101 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
071266110101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
071266110101 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
071266110101 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071266110101 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
071266110101 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
071266110101 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
071266110101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2014 selama 2 Minggu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 28 orang siswa dengan 13 siswa putra dan 15 siswa putri. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Berdasarkan hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I) dan Siklus II dalam proses pembelajaran passing atas bola voli, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai Persentase Ketuntasan Klassikal (PKK) serta nilai rata-rata hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar passing atas bola voli pada tes awal 17,86% dengan nilai rata-rata siswa adalah 57,74 (Tidak Tuntas), pada tes siklus I dari 28 orang siswa yang mengikuti tes ternyata telah ada 15 orang siswa (53,57%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 13 orang siswa (46,43%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 68,45 (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan tes siklus II diperoleh hasil 24 orang siswa (85,71%) sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (14,29%) yang belum memiliki ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa telah mencapai 78,27 (Tuntas). Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 32,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 Nab u |
Keywords: | Pendidikan; Pendidikan Jasmani; Permainan; Bola Voli; Passing Atas; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9375 |