Syahputra, Muhammad Erwin (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609411045.Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
609411045 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
609411045.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
609411045.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
609411045.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
609411045.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
609411045.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
609411045.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
609411045.BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
609411045.BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
609411045.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk passing bawah sebanyak dua kali pertemuan.Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Persiapan Stabat Kabupaten Langkat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil perhitungan persentase proses pelaksanaan setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) diperoleh 10 siswa (23,8%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 32 siswa (76,2%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar resiprokal. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 22 siswa (52,3%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (47,6%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 35 siswa (83,3%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 7 siswa (16,6%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat memperbaiki hasil belajar passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 Sya u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Permainan Bola Voli; Passing Bawah; Hasil Belajar; Gaya mengajar; Resiprokal. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9316 |