Marpaung, Hasanul Fadhilah (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARI SPRINT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN PAHLAWAN NASIONAL MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112042 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6101112042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6101112042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6101112042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
610112042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
610112042 DAFTAR TABEL (1).pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6101112042DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
610112042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
610112042 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
6101112042 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6101112042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui model pembelajaran Make A Match pada siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 orang siswa, dimana 18 laki-laki dan 22 perempuanMetode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk Memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan obeservasi untuk melihat hasil belajar sebelum dilakukannya tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 2 kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari data KKM siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match diperoleh 14 siswa (35%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 26 siswa (65%) belum mencapai ketuntasan., dengan nilai rata-rata 48,75%. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match. (2) dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran Make A Match di siklus I diperoleh 26 siswa (65%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 14 siswa (35%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar, dengan nilai rata-rata 51,46%. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran Make A Match dengan menelaah dimana letak kelemahan di siklus I. (3) dari hasil belajar II di siklus II diperoleh 35 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 5 siswa lainnya (12,5%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata 78,74%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari data KKM yang ada ke siklus I yaitu 2.71 % dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 27.28%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui model pembelajaran Make A Match dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.420 71 Mar p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Lari Sprint; Make A Match; Model Pembelajaran. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9310 |