DS, Dedi Hariono (2013) UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR LAY-UP SHOOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
71266120094 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
71266120094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
71266120094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
71266120094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
71266120094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
71266120094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
71266120094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
71266120094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
71266120094 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
71266120094 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
71266120094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar lay-up shoot bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 18 Medan, dengan menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus tindakan, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 40 orang, yang terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan. Kemudian dalam penelitian ini menggunakan penilaian proses. Dari hasil data perhitungan pre test lay-up shoot bola basket pada subjek penelitian diketahui jumlah rentang skor yang diperoleh siswa antara 3-9. Jumlah skor rata-rata sebesar 4.7 serta rata-rata persentase nilai hasil belajar siswa 50.22 %. Dari 40 orang siswa, hanya 11 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (27.5 %) serta 29 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (72.5 %), sehingga ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai. Hasil data post test lay-up shoot bola basket setelah penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing pada siklus I, subjek penelitian diketahui jumlah rentang skor yang diperoleh siswa antara 3-9. Jumlah skor rata-rata 6.07 serta rata-rata persentase nilai hasil belajar siswa 67.43 %. Dari 40 orang siswa, ada 23 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (57.5 %) dan 17 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (42.5 %). Sedangkan pada siklus II dari 40 orang siswa diketahui jumlah rentang skor yang diperoleh siswa antara 3-9, jumlah skor rata-rata 7.1 serta rata-rata persentase nilai hasil belajar siswa 78.81 %. Terdapat 34 orang siswa (85 %) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 6 orang siswa (15 %) belum mencapai ketuntasan belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing dapat memperbaiki hasil belajar lay-up shoot bola basket pada siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796 323 071 2 /Dol/u |
Keywords: | PENDIDIKAN JASMANI ; HASIL BELAJAR ; LAY UP SHOOT ; PERMAINAN BOLA BASKET ; GAYA MENGAJAR ; PENEMUAN TERBIMBING |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9137 |