Meji, Henni Sri Agusta (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAKSENAM KEBUGARAN SUMATERA UTARA (SKSU) DENGAN PENERAPAN DESAINPEMBELAJARAN MODEL PPSI (PROSEDUR PENGEMBANGAN SISTEM INSTRUKSIONAL)PADA SISWA SMP KELAS VIII YAYASAN PERGURURAN SETIA BUDI ABADIPEERBAUNGAN TAHUN AJARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310083 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
608310083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
608310083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
608310083 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
608310083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
608310083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608310083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608310083 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608310083 BAB I.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
608310083 BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
608310083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan geraksenam kebugaran sumatera utara (SKSU) pada siswa SMP kelas VIII yayasan setiabudi abadi perbaungan dengan menggunakan penerapan Desain ModelPembelajaran PPSI (prosedur pengembangan sistem instruksional).Lokasi penelitian ini adalah di SMP Yayasan Setia Budi Abadi PerbaunganTahun Ajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP yayasan setia budiabadi perbaungan yang berjumlah 88 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswakelas VIIIB sebanyak 30 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiridari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I penelitimemberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran aktivitas ritmikyaitu senam kebugaran sumatera utara, dilanjutkan dengan siklus I dan pos testsiklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos tes siklus II dengan instrumenpenelitian lembaran pengamatan test hasil belajar senam kebugaran sumatera utaradengan menggunakan formulir penilaian dan rubrik penilaian.Dengan menggunakan penerapan desain pembelajaaran model PPSI(prosedur pengembangan sistem instruksional) dapat meningkatkan kemampuangerak dari hasil belajar senam kebugaran sumatera utara (SKSU) siswa dari mulaites awal hingga pada siklus II, pada tes awal yang dilakukan terdapat 7 orang siswa(23,33%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai45,83. Ketuntasan belajar siswa pada postes siklus I mencapai 19 orang siswa yangberhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 63,33% dengan rata-ratanilai 68,99. Dan ketuntasan belajar siswa pada postes siklus II mencapai 26 orangsiswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 86,67%dengan rata-rata nilai 85,53. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatankemampuan gerak siswa dalam belajar senam kebugaran sumatera utaramenggunakan penerapan desain pembelajaran model PPSI (prosedurpengembangan sistem instruksional) di SMP kelas VIII Cerdas yayasan perguruansetia budi abadi perbaungan Tahun Ajaran 2012/2013.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakanpenerapan desain pembelajaran model PPSI (prosedur pengembangan sisteminstruksional) dapat meningkatkan kemampuan gerak senam kebugaran sumaterautara (SKSU) pada siswa SMP kelas VIII Yayasaan Setia Budi Abadi PerbaunganTahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.440 71 Mej u |
Keywords: | Gerak; Fundamental; Senam; Pemanasan; Peregangan; Inti; Pendinginan; Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8912 |