Witara, Ariandi (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X1 SMA AL –HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266110039 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071266110039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
071266110039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
071266110039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071266110039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
071266110039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
071266110039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
071266110039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
071266110039 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
071266110039 BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
071266110039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatan hasil belajarservis atas bola voli melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelasX Tahun Ajaran 2012/2013.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajarsebelum menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) laludilakukan pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajarresiprokal. Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasiteknik servis atas bola voli sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajarsebelum menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) diperoleh 9siswa (32,14%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 19siswa (67,86%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukanpembelajaran menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal. (2) dari tes hasilbelajar pada siklus I diperoleh 18 siswa (64,28%) yang telah mencapai tingkatketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (35,72%) belum mencapai tingkatketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran menggunakanpenerapan gaya mengajar resiprokal. (3) dari tes hasil belajar pada siklus IIdiperoleh 24 siswa (85,71%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 siswa (35,72%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalamhal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai hasil belajar siklus I kesiklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui pendekatanbermain dapat memperbaiki hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas X1SMA Al - Hidayah Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 Wit u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Pembelajaran; Bola Voli; Gaya Mengajar Resiprokal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8785 |