Silaen, Walrisniko (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATASPERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADASISWA SMAN 1 BORBOR KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310232 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6008310232 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6008310232 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
608310232 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
608310232 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
608310232 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
608310232 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
608310232 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608310232 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
608310232 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
608310232 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servisatas bola voli melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas XIISMAN 1 Borbor Kabupaten Tobasa tahun ajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah 81 siswa kelas XII SMAN 1 BorborKabupaten Tobasa Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas XII I􀜵􀬵 dengan proposive sampling. Untuk mengumpulkan datamenggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya dianalisis dengan caradeskriptif secara persentase. Metode penelitian yang digunakan adalah metodePenelitian Tindakan Kelas (PTK)Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasilanalisis: (1) Hasil tes belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal(pre test) belum ada yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan.Dengan nilai rata-rata 47,72. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakangaya mengajar Resiprokal. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajarresiprokal di siklus I diperoleh 3 siswa (14,28%) yang mencapai tingkatketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (85,71%) belum mencapai tingkatketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 52,92. Karena kriteria ketuntasanklasikal belajar di kelas belum tercapai yaitu 85 % maka selanjutnya diberikansiklus II. (3) Dari hasil tes belajar dengan gaya mengajar resiprokal diperoleh 11siswa (52,38%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 10 siswa(47,61%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata68,52. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasilbelajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,6 dan peningkatan ketuntasanklasikalnya sebesar 38,1 %.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan gayamengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bolavoli melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas XII SMAN 1Borbor Kabupaten Toba Samosir Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 Sil u |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Permainan; Bola Voli; Servis Atas; Gaya Mengajar Resiprokal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8782 |