Budiarti, Ayu (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGANMETODE BAGIAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH NORMAL BOLA VOLIPADA SISWA SMA NEGERI 1 PULAU RAKYAT KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081266110059 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
081266110059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
081266110059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
081266110059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
081266110059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
081266110059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
081266110059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
081266110059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
081266110059 BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
081266110059 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
081266110059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengammetode bagian dapat meningkatkan hasil belajar smash normal bola voli padasiswa SMA Negeri 1 Pulau Rakyat Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 januari sampai 31 januari 2013,populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 PulauRakyat dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas XII IPA1didapat dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalahpenelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang melibatkan satu variable bebasda satu variable terikat. Variable bebas ialah pembelajaran dengan metode bagiandan variable terikat ialah meningkatkan hasil belajar smash normal bola voli. Tesyang digunakan untuk mengumpulkan data ialah tes penilaian proses hasil belajarsmash normal bola voli menggunakan table observasi yang disusun dalaminstrument penelitian.Pada siklus I setelah diberikan pembelajaran dengan metode bagian makadilakukan tes untuk mengetahui kemampuan atau hasil belajar siswa. Dari tesdidapatkan hasil berupa nilai 2433,22 dengan persentase siswa yangmencapaikriteria ketuntasan minimal (KKM) keberhasilan sebesar 38,88 %.Siklus II dilaksanakan masih dengan model pembelajaran dengan metode bagiannamun lebih menekankankepada pemberian motivasi dan lebih member banyakwaktu kepada siswa untuk belajar dalam kelompok guna memberi pengalamanyang lebih dalam pembelajaran dan pada siklus II didapat rata-rata 7731,13dengan persentase keberhasilas 80,54 %. Berarti pembelajaran secara klasikal(perkelas) dikatakan berhasil. Pada siklus II peningkatan dari 38,88 % menjadi80,54 %. Berdasarkan persentase keberhasilan yang didapat setelah siklus II yaitu80,54 %, maka pembelajaran dikatakan sudah berhasil dan pembelajaran denganmetode bagian dapat meningkatkan hasil belajar smash normal bola voli padasiswa SMA Negeri 1 Pulau Rakyat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 Bud p |
Keywords: | Pembelajaran; Metode; Metode Bagian; Permainan Bola Voli; Smash |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8763 |