Sutoyo, Nugraha Dwi Putra (2012) UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MATERI GULING BELAKANG MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LIMA PULUH KAB. BATU BARA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266110021 Cover.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
071266110021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
071266110021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
071266110021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
071266110021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
071266110021 Bab I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
071266110021 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
071266110021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan hasil belajar guling belakang dalam senam lantai melalui penggunaan media audiovisual pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan pembelajaran media audiovisual (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar guling belakang sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media audiovisual (pre-tes) diperoleh 14 siswa (35%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 26 siswa (65%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 67,05. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media audiovisual. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media audiovisual disiklus I diperoleh 24 siswa (60%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 siswa (40%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 72,25. Kemudian dilakukan kembali menggunakan media audiovisual dengan worksheet. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 35 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 80,2. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui media audiovisual dapat memperbaiki hasil belajar guling belakang pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Sya u |
Keywords: | Pukulan;Permainan;Tenis Meja |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8744 |