UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MATERI GULING BELAKANG MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LIMA PULUH KAB. BATU BARA TAHUN AJARAN 2012/2013.

Sutoyo, Nugraha Dwi Putra (2012) UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MATERI GULING BELAKANG MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LIMA PULUH KAB. BATU BARA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071266110021 Cover.pdf]
Preview
Text
071266110021 Cover.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 071266110021 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
071266110021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 071266110021 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
071266110021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 071266110021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071266110021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 071266110021 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
071266110021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 071266110021 Bab I.pdf]
Preview
Text
071266110021 Bab I.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of 071266110021 BAB V.pdf]
Preview
Text
071266110021 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 071266110021 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
071266110021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan hasil belajar guling belakang dalam senam lantai melalui penggunaan media audiovisual pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan pembelajaran media audiovisual (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar guling belakang sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media audiovisual (pre-tes) diperoleh 14 siswa (35%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 26 siswa (65%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 67,05. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media audiovisual. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media audiovisual disiklus I diperoleh 24 siswa (60%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 siswa (40%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 72,25. Kemudian dilakukan kembali menggunakan media audiovisual dengan worksheet. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 35 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 80,2. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui media audiovisual dapat memperbaiki hasil belajar guling belakang pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 790.071 Sya u
Keywords: Pukulan;Permainan;Tenis Meja
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 12 Aug 2016 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8744

Actions (login required)

View Item
View Item