Nasution, Ahmad Faisal (2012) OPTIMALISASI PENGGUAAN BOLA YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SAEPAK BOLA KELAS IV SD NEGERI 060811 KECAMATAN MEDAN AREA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
061266120239 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
061266120239 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
061266120239 Abstrak.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
061266120239 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
061266120239 Bab I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
061266120239 Bab V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
061266120239 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribbling dalam permainan sepak bola pada siswa kelas IVSD Negeri 060811 Kecamatan Medan Area Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah siswa kelas IV yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan bola yang dimodifikasi terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan sepak bola.. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar Dribbling dalam permainan sepak bola. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa dinyatakan tuntas setelah dikonfersikan sebesar (54,28) sedangkan 16 orang siswa (45,71) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar masih dibawah KKM. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 31 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (88,57) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (11,42) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 80. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 7.5 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan Media modifikasi Bola dapat memberikan peningkatan terhadap proses belajar Dribbling dalam permainan sepak bola pada siswa kelas IV SD Negeri 060811 Kecamatan Medan Area Medan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Nas o |
Keywords: | dribbling ; penggunaan bola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8644 |