Husein, M. Al Hadat Husein (2012) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SMP NEGERI 39 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266110154 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
071266110154 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
071266110154 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
071266110154 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
071266110154 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071266110154 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
071266110154 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071266110154 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071266110154 BAB I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
071266110154 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071266110154 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa kelas VII-2 SMP N 39 Medan. Penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui Pendekatan Bermain terhadap hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 24 orang siswa (60%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 16 orang siswa (40%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan persentase nilai rata-rata 72,47%. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 36 orang siswa (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (10%) masih belum tuntas. Dengan persentase nilai rata-rata 80,38%. Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 7,88% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 30%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VII-2 SMP N 39 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Hus o |
Keywords: | pembelajaran passing ; pendekatan bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8634 |