Kumala, Chitya (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TELUK MENGKUDU TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609411012 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
609411012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
609411012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
609411012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
609411012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
609411012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
609411012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
609411012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
609411012 BAB I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
609411012 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
609411012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Teluk Mengkudu tahun ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-3 SMP Negeri 2 Teluk Mengkudu yang berjumlah 40 siswa, yang diberikan tindakan berupa pengajaran melalui variasi pembelajaran dimana dalam pembelajarannya menggunakan latihan ladder drill.Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar lari sprint dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya: Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan variasi pembelajaran(pre-test) diperoleh 12,5% dari 40 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian diberikan penerapan melalui variasi pembelajaran menggunakan alat ladder drill maka diperoleh tes hasil belajar di siklus I sebanyak 20 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar 50% telah mencapai tingkat ketuntasan sedangkan 20 orang lainnya sebesar 50% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 67,77%. Namun di siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang diharapkan. Maka dilakukanlah tes hasil belajar siklus II dengan diperoleh data sebanyak 37 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar 92% yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 orang lainnya masih belum tuntas dengan nilai sebesar 8% dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 82,22%. Dengan kata lain terdapat peningkatakan klasikal dari siklus I 67,77% menjadi 82,22% di siklus II. Apabila nilai PKK (presentase ketuntasan klasikal) lebih besar dari 80%, maka telah tercapai ketuntasan belajar klassikal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.422 071 2 Kum u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Lari sprint; Variasi pembelajaran; Subjek penelitian. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8626 |