Sembiring, Rusli (2012) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN RINTANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT PADA SISWA KELAS V SD INPRES BAH BUNTU KECAMATAN STM HULU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
6104311031 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6104311031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (953kB) | Preview
6104311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6104311031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
6104311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
6104311031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6104311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6104311031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6104311031 BAB I.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6104311031 BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
6104311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui penerapan media pembelajaran menggunakan rintangan pada siswa kelas V SD Inpres Bah Buntu Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bah Buntu Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2012 selama 2 Minggu. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bah Buntu Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah 28 orang siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran menggunakan rintangan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar lari sprint siswa. Berdasarkan hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II dalam proses pembelajaran lari sprint, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai Persentase Ketuntasan Klassikal (PKK) serta nilai rata-rata hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar lari sprint pada tes awal 17,86% dengan nilai rata-rata siswa adalah 57,74 (Tidak Tuntas), pada tes siklus I persentase ketuntasan hasil belajar lari sprint 53,57% dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,45 (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan tes siklus II persentase ketuntasan hasil belajar lari sprint 85,71% dengan nilai rata-rata siswa telah mencapai 78,27 (Tuntas).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Sem p |
Keywords: | rintangan ; media pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8553 |