Wardani, Sri (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SMP CERDAS MURNI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310208 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
608310208 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
608310208 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
608310208 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
608310208 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
608310208 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
608310208 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
608310208 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
608310208 BAB I.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
608310208 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
608310208 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas VIII SMP Cerdas Murni Medan dengan menggunakan alat yang dimodifikasi.Lokasi penelitian ini adalah di SMP Cerdas Murni Pasar VII Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Cerdas Murni Medan yang berjumlah 67 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII2 sebanyak 26 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran lempar cakram, dilanjutkan dengan siklus I dan pos test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan test hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan lembar fortopolio.Dengan menggunakan modifikasi alat dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar lempar cakram siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada tes awal yang dilakukan terdapat 6 orang siswa (23,08%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 46,15. Ketuntasan belajar siswa pada postes siklus I mencapai 14 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 53,85% dengan rata-rata nilai 68,99. Dan ketuntasan belajar siswa pada postes siklus II mencapai 20 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 76,92% dengan rata-rata nilai 79,09. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar lempar cakram menggunakan modifikasi alat di kelas VIII SMP Cerdas Murni Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas VIII SMP Cerdas Murni Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 War u |
Keywords: | modifikasi ; alat |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV840 Winter sports: Ice hockey, skiing, bobsledding, snowmobiling, etc. L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8545 |