Rambe, Apri Oslan (2012) PENGARUH GAYA MENGAJAR SELF CHECK BERBANTUAN REKAMAN VIDEO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS XI SMK PERGURUAN PRAYATNA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
061266110005 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
061266110005 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
061266110005 pengantar.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
061266110005 ABSTRAK (2).pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
061266110005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
061266110005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
061266110005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
061266110005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
061266110005 Bab I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
061266110005 Bab V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
061266110005 Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah menggunakan metode self check pada siswa kelas XI AK1 SMK Perguruan Prayatna Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah siswa kelas XI AK1 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan metode Self Check terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing bawah khususnya passing bawah. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 18 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (60) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (40) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 69,36. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (10) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 80,2. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 10,82 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 30%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan metode Self Check dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI AK1 SMK Perguruan Prayatna Medan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Ram p |
Keywords: | self-chek ; video ; passing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8513 |