Wardaniah, Ummy (2016) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA MATERI ASAM BASA UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123331054 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2 NIM 4123331054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
3 NIM 4123331054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4 NIM 4123331054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5 NIM 4123331054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6 NIM 4123331054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7 NIM 4123331054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8 NIM 4123331054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9 NIM 4123331054 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13 NIM 4123331054 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14 NIM 4123331054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami pada materi asam basa, bertujuan untuk 1) mengetahui ada/ tidaknya nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA/MA; 2) mengetahui kualitas modul berdasarkan BSNP; 3) mengetahui respon guru dan mahasiswa terhadap modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu (1) Analisis kebutuhan; (2) Pengembangan modul; (3) Standarisasi modul meliputi standarisasi berdasarkan BSNP dan respon guru dan mahasiswa; (4) Revisi/ Perbaikan. Penelitian ini melibatkan 3 dosen, 3 guru dan 15 mahasiswa. Instrument yang digunakan adalah angket analisis nilai-nilai Islami terhadap buku teks Kimia dan modul yang dikembangkan, angket penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP, dan angket penilaian respon guru dan mahasiswa terhadap modul. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah: 1) Analisis nilai-nilai Islami terhadap buku teks Kimia yang digunakan di sekolah tidak ada/ kurang dengan nilai rata-rata 1,08; 2) penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP valid dan tidak perlu revisi dengan nilai rata-rata 3,5; 3) respon guru dan mahasiswa terhadap modul positif dengan nilai rata-rata 3,43.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 099 |
Keywords: | Modul Pembelajaran; Nilai- Nilai Islami; BSNP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 02:19 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8497 |